Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji efektivitas penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar bahasa Arab dan (2) mengetahui bentuk efektivitas tersebut pada siswa kelas XI MA Aisyiyah Sungguminasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental (pretest-posttest control group design). Sampel penelitian (n=38) dibagi menjadi kelas eksperimen (n=19) yang menerima perlakuan media audio visual dan kelas kontrol (n=19) yang menggunakan metode konvensional. Instrumen tes digunakan untuk mengukur hasil belajar materi Haji dan Umrah. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, Uji-t Sampel Independen, dan Normalized Gain Score (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang sangat signifikan (Sig. 0,000 < 0,05) pada hasil belajar akhir, di mana nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (83,42) jauh lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (70,53). Analisis N-Gain menunjukkan kelas eksperimen berada pada kategori "Cukup Efektif" (64,36%), sementara kelas kontrol "Kurang Efektif" (50,75%). Disimpulkan bahwa media audio visual terbukti efektif dan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa
Copyrights © 2025