Kemajuan teknologi digital telah mendorong sekolah untuk mengintegrasikan gadget sebagai media pembelajaran. Namun demikian, gadget juga menghadirkan tantangan berupa distraksi digital yang mengganggu fokus siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan guru dalam mengatasi distraksi digital siswa pada pembelajaran berbasis gadget. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan observasi langsung pada proses pembelajaran IPS kelas VIII di salah satu madrasah tsanawiyah di Kabupaten Cirebon. Observasi dilakukan selama tiga pertemuan dengan fokus pada perilaku penggunaan gadget siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distraksi digital muncul dalam empat bentuk utama: multitasking aplikasi, notifikasi mengganggu, penggunaan media sosial, serta ketiadaan kontrol guru terhadap perangkat. Tantangan yang dialami guru meliputi rendahnya literasi digital siswa, keterbatasan pemantauan, kebiasaan multitasking siswa, tidak adanya regulasi yang baku, dan minimnya kompetensi teknologi guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya pencegahan distraksi perlu dilakukan melalui strategi pengelolaan kelas digital, peningkatan literasi digital, penggunaan aplikasi monitoring, serta pendidikan etika berteknologi.
Copyrights © 2025