UMKM sektor kerajinan (crafter) memiliki kontribusi penting dalam perekonomian kreatif di Indonesia. Komunitas Crafter Solo Raya yang terdiri dari pelaku usaha kriya berbasis kain, rajut, resin, kulit, dan kerajinan tangan lainnya masih menghadapi kendala dalam pengelolaan administrasi dan strategi pemasaran yang terintegrasi. Permasalahan ini berdampak pada keterbatasan akses pasar serta rendahnya loyalitas pelanggan. Melalui program pengabdian kepada masyarakat, tim Universitas Duta Bangsa Surakarta merancang dan mengimplementasikan sistem manajerial berbasis E-CRM (Electronic Customer Relationship Management). Program dilaksanakan melalui lima tahapan: sosialisasi, pelatihan dan pendampingan, penerapan sistem, evaluasi, dan keberlanjutan. Hasilnya, anggota komunitas berhasil mengoperasikan sistem E-CRM untuk pencatatan administrasi, manajemen pelanggan, dan pemasaran digital. Implementasi teknologi ini meningkatkan efisiensi bisnis, memperkuat interaksi dengan konsumen, serta memperluas jangkauan pasar produk crafter di Solo Raya.
Copyrights © 2025