Bengawan :Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 5 No 02 (2025): Desember

Transformasi UMKM Crafter: Penguatan Administrasi Dan Strategi Pemasaran Digital Melalui E-CRM

Akhmad, Khabib Alia (Unknown)
Nurohman, Nurohman (Unknown)
Santosa, Tri Djoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2025

Abstract

UMKM sektor kerajinan (crafter) memiliki kontribusi penting dalam perekonomian kreatif di Indonesia. Komunitas Crafter Solo Raya yang terdiri dari pelaku usaha kriya berbasis kain, rajut, resin, kulit, dan kerajinan tangan lainnya masih menghadapi kendala dalam pengelolaan administrasi dan strategi pemasaran yang terintegrasi. Permasalahan ini berdampak pada keterbatasan akses pasar serta rendahnya loyalitas pelanggan. Melalui program pengabdian kepada masyarakat, tim Universitas Duta Bangsa Surakarta merancang dan mengimplementasikan sistem manajerial berbasis E-CRM (Electronic Customer Relationship Management). Program dilaksanakan melalui lima tahapan: sosialisasi, pelatihan dan pendampingan, penerapan sistem, evaluasi, dan keberlanjutan. Hasilnya, anggota komunitas berhasil mengoperasikan sistem E-CRM untuk pencatatan administrasi, manajemen pelanggan, dan pemasaran digital. Implementasi teknologi ini meningkatkan efisiensi bisnis, memperkuat interaksi dengan konsumen, serta memperluas jangkauan pasar produk crafter di Solo Raya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal_bengawan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

Bengawan adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal Bengawan merupakan jurnal Pengabdian Masyarakat yang bertaraf nasional dengan No E- ISSN 2776-3552 melalui SK Nomor ...