Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan hasil kajian konsep akhlak tujuan pendidikan Islam perspektif ulama nusantara dengan studi pemikiran KH.Bisri Mustofa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, studi literatur atau penelitian kepustakaan bisa diartikan rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data kepustakaan, membaca, mencatat serta menganalisa bahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan tujuan pendidikan khususnya pembinaan akhlak yang digagas oleh KH. Bisri Mustofa tiga sebagai ulama yang hidup dalam tiga periode pemerintahan (Penjajahan, Orde Lama dan Orde Baru) ini pada dasarnya memiliki pencapaianyang besar yakni menciptakan generasi manusia paripurna (Insan kamil), manusia yang mampu menjalankan dua dimensi tugasnya baik sebagai hamba Allah (Abdullah) dan juga sebagai insan pembangun, penggerak dan pemakmur di muka bumi (khalifah fil ardh). Dengan corak yang sedikit berbeda dari pemikiran para ulama’ nusantara, KH. Bisri Mustofa menekankan pada corak tujuan pendidikan akhlak inilah yang juga mewarnai lembaga pendidikan yang dibentuk.
Copyrights © 2023