Qouman : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 2 No. 1 (2023): Qouman Jurnal Pendidikan dan Studi Islam

KONTRIBUSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF ULAMA NUSANTARA STUDY PEMIKIRAN KH. BISRI MUSTOFA

Zuhri, Saifuddin (Unknown)
Nurochman bin Sayyid (Unknown)
Ikhsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan hasil kajian konsep akhlak tujuan pendidikan Islam perspektif ulama nusantara dengan studi pemikiran KH.Bisri Mustofa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, studi literatur atau penelitian kepustakaan bisa diartikan rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data kepustakaan, membaca, mencatat serta menganalisa bahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan tujuan pendidikan khususnya pembinaan akhlak yang digagas oleh KH. Bisri Mustofa tiga sebagai ulama yang hidup dalam tiga periode pemerintahan (Penjajahan, Orde Lama dan Orde Baru) ini pada dasarnya memiliki pencapaianyang besar yakni menciptakan generasi manusia paripurna (Insan kamil), manusia yang mampu menjalankan dua dimensi tugasnya baik sebagai hamba Allah (Abdullah) dan juga sebagai insan pembangun, penggerak dan pemakmur di muka bumi (khalifah fil ardh). Dengan corak yang sedikit berbeda dari pemikiran para ulama’ nusantara, KH. Bisri Mustofa menekankan pada corak tujuan pendidikan akhlak inilah yang juga mewarnai lembaga pendidikan yang dibentuk.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

qouman

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Qouman, jurnal yang menerbitkan artikel tentang pendidikan dan studi Islam yang mencakup studi literasi dan empiris. Jurnal ini menekankan aspek-aspek terkait pendidikan Islam dan berfokus pada studi ilmu sosial, studi agama, dan kearifan lokal. Jurnal ini juga menyambut para akademisi, peneliti, ...