Journal of Innovation and Sustainable Services
Volume 1, Issue 2, 2025

Pelatihan Koding dan Kecerdasan Atifisial Sekolah Atas Menengah Kejuruan di Kabupaten Gowa

Haerul, Haerul (Unknown)
Budiarti, Nur Azizah Eka (Unknown)
Zulfikar, Muh. Ihsan (Unknown)
Rivai, Andi Alamsyah (Unknown)
Rifdan, Rifdan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2025

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan kompetensi teknologi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Gowa melalui pelatihan koding dan pengenalan kecerdasan artifisial (AI). Perkembangan teknologi digital menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir komputasional, logika pemrograman, serta pemahaman dasar mengenai cara kerja sistem cerdas. Pelatihan ini dirancang dalam bentuk pembelajaran interaktif yang meliputi pengenalan konsep dasar pemrograman, praktik hands-on coding, serta demonstrasi implementasi AI menggunakan platform low-code. Metode pelaksanaan melibatkan ceramah, demonstrasi, pendampingan langsung, dan latihan proyek mini. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap konsep koding dan AI, terlihat dari kemampuan mereka dalam membuat program sederhana dan menjalankan model AI dasar. Siswa juga menunjukkan antusiasme tinggi terhadap teknologi baru dan potensi pemanfaatannya dalam dunia kerja. Dengan demikian, kegiatan PKM ini berkontribusi pada peningkatan kesiapan digital siswa SMK dan mendukung penguatan kompetensi teknologi pada generasi muda di Kabupaten Gowa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

innova-s

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

INNOVA-S: Journal of Innovation and Sustainable Services e-ISSN: 3110-5610 dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Maritim Balik Diwa merupakan jurnal ilmiah akses terbuka yang ditelaah sejawat (peer-reviewed) dan mempublikasikan artikel ...