Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 3, No 1 (2015): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN

Fenomena Sosial Pilihan Hidup Tidak Menikah Wanita Karier

Nursalam Nursalam (Universitas Muhammadiyah Makassar)
mas'ud Ibrahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah latar belakang pilihan hidup tidak menikah dan bagaimana interaksi wanita karier yang tidak menikah di dalam masyarakat.. Penelitian ini adalah  jenis penelitian kualitatif deskriftif, meliputi rangkaian kegiatan yang sistematik untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan yang diajukan. Jika dilihat dari jenis obyek yang diteliti, maka penelitian ini di kategorikan sebagai penelitian studi kasus dengan maksud memberikan gambaran tentang Fenomena sosial pilihan hidup tidak menikah (pada wanita karier di Kota Ende Kabupaten Ende). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor yang melatar belakangi wanita karier memilih hidup melajang yaitu; terlanjur memikirkan karier dan pekerjaannya, adanya prioritas-prioritas kehidupan lainnya, ingin menjalani kehidupan pribadi secara bebas, perasaan dibutuhkan oleh keluarganya di rumah, serta ketakutan akan permasalahan dan konflik rumah tangga. (2) Interaksi antara masyarakat sekitar dengan wanita karier bisa dikatakan harmonis. Bergotong royong dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan tetap terlaksana.Wanita karier dengan segala aktifitasnya, tidak mengurangi partisipasi dalam kelancaran semua aktifitas sosial.Masyarakat sekitar menerima secara positif keputusan yang diambil wanta-wanita karier tersebut. Melihat sikap yang ditunjukan tidak pernah menunjukan kesan negative sebab wanita karier yang memiih hidup melajang selalu menjaga norma masyarakat. Kata Kunci : Wanita Karier, Tidak Menikah, Pilihan Hidup.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...