Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 3, No 2 (2015): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN

Gerakan Sosial Masyarakat Peduli Lingkungan

Syaribulan Syaribulan (Unknown)
Muhammad Akhir (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

Setiap individu atau kelompok memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, tak terkecuali masyarakat Awangpone,  masyarakat sudah sadar dengan kebersihan lingkungan yang sesuai motto Kabupaten Bone yaitu Green and Clean yang artinya hijau dan bersih.Tujuan penelitian ini untuk mengetahuiGerakan Sosial Masyarakat Peduli Lingkungan Di Awangpone Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian sosial budaya (PSB) dengan tipe deskriptif kualitatif, yaitu memberikan gambaran tentang perubahan sosial ekonomi terhadap masyarakat. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini responden di pilih langsung oleh peneliti yang disebut sasaran penelitian yaitu 10 orang.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gerakan sosial peduli lingkungan adalah salah satu  cara masyarakat untuk menjaga kelestarian alam serta menyelamatkan ekosistem alam selain itu dengan terjaganya lingkungan masyarakat secara otomatis mempengaruhi kesehatan masyarakat untuk hidup sehat di Kecamatan Awangpone. Dan selain kelebihan tersebut masi juga terdapat kekurangan yang dimana masih ada masyarakat yang bermasa bodoh dan tidak peduli dengan lingkungannya, dan kurangnya kerjasama antara pemerintah desa dengan Kecamatan sehingga program tersebut tidak berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Kata Kunci : Gerakan Sosial, Masyarakat, Peduli Lingkungan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...