Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 3, No 1 (2015): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN

Pengarustamaan Gender Dalam Pengambilan Kebijakan Di Sekretariat Daerah

Darmawan Salman (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Hidayah Quraisy (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Pengarustamaan Gender Dalam Pengambilan Kebijakan di Sekretariat Daerah  Kabupaten Enrekang Kabupaten Enrekang. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan dasar penelitian sumber.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah kepala Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Enrekang, Staf Dinas perekonomia dan pemerintahan, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pemerintah daerah dalam pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.Dalam penelitian ini responden di pilih langsung oleh peneliti yang disebut sasaran penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa pengawai memandang bahwa pengarustamaan gender dapat  menberikan padangan bawah  perempuan bisa menjadi seorang pemipin dalam sebuah perusahan dan pengarustamaan genden di kantor secretariat daerah bemberakan dapak posit bagus pada stap pegawai terutama kaum perempuan di Kantor Secretariat Daerah Kabupaten Enrekang karena dulunya perempuan dipandang sebelah mata seorang laki laki dalam pengabilan kebijakan dan perempuan juga bisa mendapatkan jambatan yang lebih tinggi dari pada laki-laki dan perempuan bisa juga menjadi seorang pemipin dalam sebuah kantor atau bisa juga menjadi presiden dan perempuan juga bisa mendapatkan pendidikan tinggi. Kata Kunci : Pengarusutamaan, Gender, Kebijakan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...