Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 3, No 2 (2015): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN

Bantuan Langsung Tunai

Irwan Akib (Unknown)
Risfaisal Risfaisal (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

Kemiskinan  telah hadir dalam realitas kehidupan manusia dengan bentuk dan kondisi yang sangat memprihatinkan, Karena kemiskinan memang tidak bisa dihilangkan begitu saja. Dengan adanya permasalahan terhadap Negara berkembang terutama kemiskinan.Maka pemerintah membuat kebijakan-kebijakan atau program-program untuk memberantas masalah tersebut. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan dengan cara penentuan sampel melalui teknik Purposive Sampling dengan memilih beberapa informan yang memiliki kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti yakni yang mengetahui tentang dampak bantuan langsung tunai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bantuan langsung tunai dan dampak bantuan langsung tunai terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi bantuan langsung tunai banyak mengalami kendala di pendataan seperti ada beberapa masyarakat yang tidak terdata dalam sasaran rumah tangga miskin serta tidak adanya sosialisasi pemerintah tentang bantuan langsung tunai hal inilah yang menyebabkan ada beberapa masyarakat yg berkategori miskin tidak menerima bantuan.Dan dampak bantuan langsung tunai terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat yaitu berdampak positif terhadap pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat miskin meskipun dalam jangka pendek dan dampak negatifnya yaitu tidak efektif dan efisien bahkan hanya menyebabkan masyarakat ketergantungan terhadap bantuan pemerintah. Kata Kunci : Bantuan Langsung Tunai, Masyarakat, Miskin.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...