Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 3, No 1 (2015): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN

Kesetaraan Gender Masyarakat Transmigrasi Etnis Jawa

Jasruddin Jasruddin (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Hidayah Quraisy (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

Penelitian tentang Kesetaraan Gender Masyarakat etnis Jawa (Studi Kasus Desa Sidomukti Kabupaten Luwu Utara). Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data digunakan dengan cara wawancara, observasi, teknik dokumentasi dari hasil foto dan arsip yang dimiliki oleh pemerintah setempat dan menggunakan tehnik lain. Metode penelitian yang saya gunakan adalah metode kualitatif, adapun lokasi penelitian di Desa Sidomukti Kabupaten Luwu Utara.Penunjukan didasarkan karena pada Desa ini merupakan daerah transmigrasi yang di padati oleh transmigran asal jawa.Dalam penelitian ini, desain yang digunakan adalah desain studi kasus tentang kesetaraan gender etnis Jawa di dalam masyarakat transmigrasi dan tipe penelitian yang digunakan yaitu secara deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada masyarakat etnis Jawa di desa Sidomukti Kabupaten Luwu Utara kesetaraan gender sudah terjadi sejak dahulu.Faktor yang menyebabkan terjadinya kesetaraan gender pada masyarakat etnis Jawa adalah faktor ekonomi dan sudah bekerja sebelum menikah. Dimana para perempuan atau istri turut membantu suami untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.Namun para perempuan atau istri tetap mengingat kodratnya sebagai perempuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa kesetaraan gender yang ada pada masyarakat di Desa Sidomukti sudah terjadi sejak dahulu, dan faktor yang menyebabkan adalah faktor ekonomi dan sudah bekerja sebelum menikah. Kata Kunci: Kesetaraan Gender, Transmigrasi, Etnis Jawa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...