Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas sejarah lingkungansebagai konten digital edukatif dalam menumbuhkan kesadaran ekologis siswamelalui strategi pedagogis berbasis project-based learning dan digitalstorytelling di Kota Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan mixedmethods dengan desain sekuensial eksplanatori. Subjek penelitian melibatkansiswa kelas X dan XI SMA dengan teknik purposive sampling. Data kuantitatifdiperoleh melalui pretest dan posttest kesadaran ekologis, sedangkan datakualitatif dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis proyek digitalsiswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kesadaranekologis siswa setelah implementasi pembelajaran, terutama pada dimensi sikapekologis, diikuti oleh pengetahuan dan perilaku. Pemanfaatan konten digitalberupa video dokumenter, arsip visual, dan peta interaktif sejarah lingkunganSurabaya terbukti meningkatkan keterlibatan belajar, kemampuan berpikir kritis,serta empati ekologis siswa. Strategi project-based learning berbasis digitalstorytelling mendorong siswa menjadi subjek aktif dalam merekonstruksi sejarahlingkungan wilayahnya. Meskipun terdapat hambatan berupa keterbatasanakses teknologi dan literasi digital, pembelajaran ini tetap menunjukkan dayatransformasi pedagogis yang kuat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasisejarah lingkungan dan teknologi digital merupakan pendekatan strategis untukmembangun kesadaran ekologis siswa secara reflektif, kritis, dan berkelanjutan.
Copyrights © 2025