Business Management and Entrepreneurship Journal
Vol 5, No 4 (2023)

PENGARUH PROMOSI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi Pada Bank BPR Artha Galunggung Cabang Cikatomas)

ropik adiyasa (Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)
Nana Darna (Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)
Kasman Kasman (Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya keputusan pembelian pada Bank BPR Artha Galunggung Cabang Cikatomas yang dapat dilihat dari terjadinya penurunan jumlah nasabah selama periode tahun 2017 sampai dengan tahun 2020. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya pelaksanaan promosi dan inovasi produk yang dilakukan oleh pihak  bank. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pada Bank BPR Artha Galunggung Cabang Cikatomas?; 2) Bagaimana pengaruh inovasi produk terhadap keputusan pembelian pada Bank BPR Artha Galunggung Cabang Cikatomas?; 3) Bagaimana pengaruh promosi dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian pada Bank BPR Artha Galunggung Cabang Cikatomas?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yakni metode penelitian kuantitatif. Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah nasabah kredit bank BPR Artha Galunggung Cabang Cikatomas tahun 2020 yang berjumlah 951 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 90 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1)      Promosi pada Bank BPR Artha Galunggung Cabang Cikatomas adalah sudah baik. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji korelasi sebesar 0,681 yang memiliki tingkat hubungan yang kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 46,40%. Hal tersebut sejalan dengan hasil uji hipotesis diketahui bahwa t hitung > t tabel t hitung = 8,745 sedangkan bobot  t tabel = 1,990. Jadi dari hasil perhitungan ternyata promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap  keputusan pembelian; 2) Inovasi produk pada Bank BPR Artha Galunggung Cabang Cikatomas adalah sudah baik. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa inovasi produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji korelasi sebesar 0,695 yang memiliki tingkat hubungan yang kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 48,30%. Hal tersebut sejalan dengan hasil uji hipotesis diketahui bahwa t hitung > t tabel t hitung = 9,086 sedangkan bobot  t tabel = 1,990. Jadi dari hasil perhitungan ternyata inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap  keputusan pembelian; 3) keputusan pembelian pada Bank BPR Artha Galunggung Cabang Cikatomas adalah tinggi. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa promosi dan inovasi produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji korelasi sebesar 0,741 yang memiliki tingkat hubungan yang kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 54,90%. Hal tersebut sejalan dengan hasil uji hipotesis diketahui bahwa F hitung > F tabel F hitung = 52,97 sedangkan bobot  F tabel = 3,114. Jadi dari hasil perhitungan ternyata promosi dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bmej

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Business Management and Entrepreneurship Journal (BMEJ) is an open access and peer-reviewed academic journal, which is published by Economic Faculty Management Program, Universitas Galuh. This Journal is created for publication from the result of research in management, business and entrepreneurship ...