Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan (Suatu Studi Pada Pelanggan CV. Sinar Mas Tasikmalaya). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1] Bagaimana pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan sepeda motor Honda pada CV. Sinar Mas Tasikmalaya. 2] Bagaimana Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan sepeda motor Honda pada CV. Sinar Mas Tasikmalaya. 3] Bagaimana Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan sepeda motor Honda di CV. Sinar Mas Tasikmalaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1] Besar Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan sepeda motor Honda pada CV. Sinar Mas Tasikmalaya. 2] Besar pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap loyalitas Pelanggan sepeda motor Honda pada CV. Sinar mas Tasikmalaya. 3] Besar Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan sepeda motor Honda di CV. Sinar Mas Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (data perusahaan, buku-buku literatur, internet), studi lapangan (Observasi, wawancara, angket). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menujukan bahwa Customer Relationship Management dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Sinar mas Tasikmalaya dengan hasil korelasi sebesar 0,59 atau memiliki tingkat hubungan cukup kuat dan tingkat pengaruh sebesar 34,81%. Hal tersebut sejalan dengan hasil uji hipotesis bahwa korelasi dapat dinyatakan signifikan apabila fhitung > ftabel. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bobot Fhitung 24,174 sedangkan bobot ftabel = α 0,05 dan dk= 93 – 2 – 1 diperoleh ftabel 3,10. Jadi nilai fhitung > dari ftabel.
Copyrights © 2023