Business Management and Entrepreneurship Journal
Vol 5, No 2 (2023)

PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Suatu Studi Pada Pelanggan CV. Sinar Mas Tasikmalaya)

rita aulia (Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)
Nana Darna (Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)
Kasman Kasman (Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan (Suatu Studi Pada Pelanggan CV. Sinar Mas Tasikmalaya). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1] Bagaimana pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan sepeda motor Honda pada CV. Sinar Mas Tasikmalaya. 2] Bagaimana Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan sepeda motor Honda pada CV. Sinar Mas Tasikmalaya. 3] Bagaimana Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan sepeda motor Honda di CV. Sinar Mas Tasikmalaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1] Besar Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan sepeda motor Honda pada CV. Sinar Mas Tasikmalaya. 2] Besar pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap loyalitas Pelanggan sepeda motor Honda pada CV. Sinar mas Tasikmalaya. 3] Besar Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan sepeda motor Honda di CV. Sinar Mas Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (data perusahaan, buku-buku literatur, internet), studi lapangan (Observasi, wawancara, angket). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menujukan bahwa Customer Relationship Management dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Sinar mas Tasikmalaya dengan hasil korelasi sebesar 0,59 atau memiliki tingkat hubungan cukup kuat dan tingkat pengaruh sebesar 34,81%. Hal tersebut sejalan dengan hasil uji hipotesis bahwa korelasi dapat dinyatakan signifikan apabila fhitung > ftabel. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bobot Fhitung 24,174 sedangkan bobot ftabel = α 0,05 dan dk= 93 – 2 – 1 diperoleh ftabel 3,10. Jadi nilai fhitung > dari ftabel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bmej

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Business Management and Entrepreneurship Journal (BMEJ) is an open access and peer-reviewed academic journal, which is published by Economic Faculty Management Program, Universitas Galuh. This Journal is created for publication from the result of research in management, business and entrepreneurship ...