Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kesetiaan pelanggan pada PT. Astra Motor Cabang Banjar Hal tersebut dapat dilihat dari masih adanya konsumen yang kurang memiliki kepercayaan terhadap produk Honda yang dipasarkan oleh perusahaan serta masih ada konsumen yang mengeluh mengenai kualitas produk tersebut yang belum sesuai dengan harapan konsumen. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya nilai-nilai pelanggan dan ekuitas merek pada PT. Astra Motor Cabang Banjar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh nilai-nilai pelanggan terhadap kesetiaan pelanggan pada PT. Astra Motor Cabang Banjar?; 2) Bagaimana pengaruh ekuitas merek terhadap kesetiaan pelanggan pada PT. Astra Motor Cabang Banjar?; 3) Bagaimana pengaruh nilai-nilai pelanggan dan ekuitas merek terhadap kesetiaan pelanggan pada PT. Astra Motor Cabang Banjar?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yakni metode penelitian kuantitatif. Jumlah Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata konsumen PT. Astra Motor Cabang Banjar pada bulan Agustus–Desember 2019 yaitu sebanyak 362 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 78 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh nilai-nilai pelanggan terhadap kesetiaan pelanggan pada PT. Astra Motor Cabang Banjar, artinya semakin baik nilai-nilai pelanggan maka kesetiaan pelanggan akan meningkat; 2) Terdapat pengaruh ekuitas merek terhadap kesetiaan pelanggan pada PT. Astra Motor Cabang Banjar, artinya semakin baik ekuitas merek maka kesetiaan pelanggan akan meningkat; 3) Terdapat pengaruh nilai-nilai pelanggan dan ekuitas merek terhadap kesetiaan pelanggan pada PT. Astra Motor Cabang Banjar, artinya semakin baik nilai-nilai pelanggan dan ekuitas merek maka kesetiaan pelanggan akan meningkat. Kata Kunci: Nilai-Nilai Pelanggan, Ekuitas Merek dan Kesetiaan Pelanggan
Copyrights © 2021