Business Management and Entrepreneurship Journal
Vol 4, No 4 (2022)

ANALISIS CUSTOMER SERVICE MENGGUNAKAN CHATBOT BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (Suatu Studi pada Daya Motor Honda Ciamis)

Tasya Destiany (Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)
Yusup Iskandar (Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)
Kasman Kasman (Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
14 May 2024

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada Analisis Customer Service Menggunakan Chatbot Berbasis Artificial Intelligence (Suatu Studi pada Daya Motor Honda Ciamis). Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana penerapan chatbot berbasis artificial intelligence pada customer service Daya Motor Honda Ciamis?; 2). Bagaimana cara menggunakan aplikasi chatbot yang diterapkan oleh Daya Motor Honda Ciamis? ; 3). Apakah penerapan chatbot berbasis artificial intelligence menguntungkan bagi customer service dan customer Daya Motor Honda Ciamis? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Penerapan chatbot berbasis artificial intelligence pada customer service Daya Motor Honda Ciamis; 2). Cara menggunakan chatbot berbasis artificial intelligence yang diterapkan oleh Daya Motor Honda Ciamis; 3). Menguntungkan atau tidaknya penerapan chatbot berbasis artificial intelligence bagi customer service dan customer Daya Motor Honda Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, penfamatan/observasi dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan Reduksi Data, Display Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Daya Motor Honda Ciamis menerapkan chatbot berbasis artificial intelligence menggunakan aplikasi whatsapp untuk memberikan informasi kepada pelanggan dengan sistem yang mudah dan dengan waktu yang efisien. Diharapkan Daya Motor Honda Ciamis dapat menerapkan chatbot ke dalam aplikasi lain, dengan demikian pelanggan akan semakin mudah untuk dapat mengakses chatbot. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bmej

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Business Management and Entrepreneurship Journal (BMEJ) is an open access and peer-reviewed academic journal, which is published by Economic Faculty Management Program, Universitas Galuh. This Journal is created for publication from the result of research in management, business and entrepreneurship ...