JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Vol 3, No 1 (2018): JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA

Fepryna - yenti (STKIP AHLUSSUNNAH BUKITTINGGI)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2018

Abstract

AbstrakProses pembelajaran matematika yang masih berpusat pada guru menyebabkan rendahnya kemampuan koneksi matematik siswa di kelas VIII SMPN 1 Baso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematik siswa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dibandingkan kemampuan koneksi matematik siswa menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Baso yang terdiri atas tujuh kelas. Sampel yang diambil dari populasi tersebut diambil dengan teknik Random Sampling. Sampel yang dipilih yaitu kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data mengunakan uji t. Hasil perhitungan thitung = 7,18 dan ttabel = 1,679, karena thitung> ttabel disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematik siswa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dari pada kemampuan koneksi matematik siswa menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Baso Tahun Pelajaran 2017/2018.Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan koneksi matematik

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

kp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah (JKPS) merupakan jurnal ilmiah penelitian pendidikan yang memuat hasil penelitian dan/atau kajian analitis - kritis di bidang kepemimpinan kepala sekolah, proses pembelajaran dan evaluasi pendidikan dengan tujuan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan model ...