Menentukan komposisi fungsi adalah bagian kompetensi dasar yang wajib dipunyai siswa. Dalam menyelesaikan soal materi fungsi komposisi beberapa siswa masih ada yang kesulitan ketika menentukan fungsi komposisi. Berdasarkan hasil Praktik Pengajaran di Sekolah, diperoleh informasi peserta didik kesulitan dalam memÂbeÂrikan alasan sehingga diperoleh indikasi bahwa peserta didik belum mampu dalam menganalisis soal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesulitan peserta didik ketika mengerjakan soal dimateri fungsi komposisi dilihat pada langkah penyelesaian. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif dengan populasi seluÂruh anak didik SMK Negeri kelas X Keuangan di Banjarmasin tahun pelajaran 2016/ 2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel total dan sampel acak. Cara pengumpulan data memakai tes dan analisis data memakai persentase. Hasil peÂneÂlitian menunjukkan bahwa untuk menyelesaikan soal komposisi dua fungsi (g o f)(x) dan (f o g)(x) peserta didik mengalami kesulitan dalam mensubstiÂtusikan fungsi. Menentukan fungsi jika komposisi fungsi dan fungsi lain diketahui peserÂta didik mengalami kesulitan ketika melakukan permisalan kemudian pensubÂstitusian. Menyelesaikan soal komposisi tiga fungsi peserta didik mengalami kesuliÂtan menuliskan rumus komposisi tiga fungsi (f o g o h)(x). MenyeleÂsaikan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari (soal cerita) menggunakan fungsi komÂposisi peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan rumus komposisi dua fungsi yang digunakan. Kata kunci: Identifikasi Kesulitan, Fungsi Komposisi
Copyrights © 2017