EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2017)

PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG REALISTIK-HUMANISTIK

Yuli Eko Siswono, Tatag (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2017

Abstract

Pembelajaran matematika diyakini sebagai sarana memberikan bekal pengetahuan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan berpikir, serta pengetahuan pendukung mempelajari pengetahuan lain. Matematika memiliki objek abstrak dan dipandang bebas nilai manusiawi. Tetapi dalam pembelajarannya tidak dapat melepaskan diri dari unsur “realistik” dan humanistik. Kecenderungan dewasa ini pembelajaran matematika yang dikembangkan adalah pembelajaran matematika humanistik dengan pendekatan realistik. Makalah ini akan menguraikan suatu pandangan pembelajaran matematika realistik-humanistik, keterkaitan dengan PMRI, dan pembelajaran berorientasi pemecahan dan pengajuan masalah matematika. Kata kunci: humanistik, realistik-humanistik, PMRI, pengajuan masalah, pemecahan masalah

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

edumat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

EDU-MAT adalah jurnal yang didirikan pada tahun 2013 di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. EDU-MAT merupakan kumpulan artikel hasil penelitian maupun kajian dosen, peneliti, guru, maupun mahasiswa di bidang pendidikan matematika ...