Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 3, No 2 (2018): Volume 3 Nomor 2, Mei 2018

Eksperimentasi Model TSTS pada Operasi Hitung Aljabar Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa SMPN 1 Ngronggot

Reza Dimas Pravangasta Perdana (STKIP PGRI Nganjuk)



Article Info

Publish Date
12 May 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kecerdasan emosi siswa (EI). Model pembelajaran yang digunakan adalah Two Stray Two Stray (TSTS) dan pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Dengan popilasi siswa kelas VII SMP Negeri di Nganjuk. Anova dua jalan dengan desain faktorial 2x3. Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan: (1) siswa yang diberi TSTS memiliki prestasi lebih baik daripada mereka yang diberi pembelajaran langsung (2) tinggi Siswa EI memiliki prestasi yang lebih baik dari pada siswa EI menengah dan rendah, EI menengah memiliki prestasi sama dengan EI rendah, (3) Siswa dengan EI rendah pada model pembelajaran TSTS memiliki prestasi lebih baik dibandingkan pada model pembelajaran langsung, (4) Siswa yang dikenai model pembelajaran tipe TSTS dengan EI tinggi memiliki prestasi lebih baik dibandingkan EI rendah, sedangkan siswa EI sedang lebih baik dibandingkan siswa EI rendah. Siswa yang dikenai model pembelajaran langsung pada EI tinggi memiliki prestasi lebih baik dibandingkan siswa dengan EI sedang dan rendah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...