Jurnal Pendidikan Nonformal
Vol 12, No 2 (2017): September 2017

POLA PENGASUHAN IBU BEKERJA DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Voni Ramadhani Santoso (Fakultas Ilmu Pendidikan UM)
Zulkarnain Nasution (Fakultas Ilmu Pendidikan)
Endang Sri Redjeki (Fakultas Ilmu Pendidikan)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2018

Abstract

Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan pola pengasuhan yang diterapkan ibu yang bekerja dalam menstimulasi perkembangan anak usia dini, (2) mendeskripsikan stimulasi yang diberikan ibu bekerja untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif, fisik, bahasa, sosial emosional, nilai-nilai agama, dan perkembangan seni anak usia dini di PAUD Islam Terpadu Robbani Singosari. Metode penelitian menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian (1) pola pengasuhan yang diterapkan ke 30 ibu bekerja baik yang bekerja wiraswasta, swasta, dan PNS adalah pola pengasuhan demokratis, (2) stimulasi yang diberikan ibu bekerja untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini dengan persentase tertinggi yaitu stimulasi pada perkembangan nilai-nilai agama yang tergolong kategori sangat baik dengan presentase 76%. Stimulasi yang diberikan ibu bekerja untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif yaitu 52%, fisik 41%, bahasa 40%, sosial emosional 44%, dan seni 45% yang secara keseluruhan tergolong cukup baik.

Copyrights © 2017