Jurnal Pendidikan Nonformal
Vol 12, No 1 (2017): Maret 2017

PERAN AGEN PERUBAHAN DALAM TAHAPAN PEMBERDAYAAN PEMANFAATAN SUMBERDAYA PESISIR

luluk Innisyak (Pendidikan Luar Sekolah)
Sopingi Sopingi (Pendidikan Luar Sekolah)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2017

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan tahapan pemberdayaan yang dilakukan oleh agen perubahan Lembaga Sosial Pendidikan Harapan dalam pemanfaatan sumberdaya pesisir di Dusun Bajulmati, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan pemberdayaan yang dilakukan oleh Lembaga Sosial Pendidikan Harapan sebagai agen perubahan dilakukan melalui tiga tahapan. Tahapan pemberdayaan yang dilakukan agen perubahan meliputi; penyadaran, pengkapasitasan, dan pendayaan.

Copyrights © 2017