Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
Vol 2, No 2 (2017): : December 2017

Efikasi Diri sebagai Faktor Prediksi Kesiapan Mahasiswa dalam Mengerjakan Tugas Kuliah

Alfaiz Alfaiz (STKIP PGRI Sumatera Barat)
Zulfikar Zulfikar (STKIP PGRI Sumatera Barat)
Darma Yulia (STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2017

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to determine the level of self-efficacy of students as prediction factors of readiness to do classroom tasks. Students must have confidence in their readiness about the skills they are involved in, this is known as self efficacy. These variables were tested to see the role of self efficacy predicting the readiness of students in completing their college assignments and the results of this study found that these variables are more able to predict students readiness. Analysis of research data by using descriptive analysis and regression analysis. The sample of this research is the students of Department of Guidance and Counseling STKIP PGRI Sumatera Barat. The results showed that the students’ self efficacy had an effect on self-capability and individual student activity. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efikasi diri mahasiswa sebagai faktor prediksi kesiapan mengerjakan tugas-tugas kuliah. Mahasiswa harus memiliki keyakinan diri terhadap kesiapan dirinya tentang keahlian yang mereka tekuni, hal ini dikenal dengan efikasi diri. Variabel ini yang diuji untuk melihat peran efikasi diri memprediksi kesiapan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliahnya dan hasil penelitian ini ditemukan bahwa variabel ini lebih bisa memprediksi kesiapan mahasiswa. Analisis data penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Sampel penelitian adalah mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri yang dimiliki mahasiswa berpengaruh terhadap kapabilitas diri dan aktivitas individu mahasiswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jktpk

Publisher

Subject

Education

Description

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, ISSN 2549-7774 (online), ISSN 2548-6683 (print), is an interdisciplinary publication of original research and writing on education. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is published by Fakultas Ilmu Pendidikan ...