Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
Vol 2, No 1 (2017): June 2017

Penerapan Model STAD-Problem Solving untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa

Erna Yayuk (Universitas Negeri Malang,)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2017

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to apply STAD-Problem Solving model to improve student’s learning process and student achievement mathematics. This type of research is classroom action research (CAR). The characteristic of classroom action research (CAR) is a cyclic research. Each cycle is completed with cooperative learning strategy model STAD-Problem Solving, with the subject matter is integers (mathematics). The subject of this research is the fourth grader of SD Muhammadiyah 8 Dau Malang. The result of this research is cooperative learning model STAD-Problem Solving can improve process quality and student achievement.Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model STAD-Problem Solving untuk meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ciri penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian yang bersiklus. Setiap siklus dilakukan pembelajaran dengan strategi pembelajaran kooperatif model STAD-Problem Solving dengan materi pelajaran Bilangan Bulat. Subyek penelitian adalah siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 8 Dau Malang. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model STAD-Problem Solving dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jktpk

Publisher

Subject

Education

Description

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, ISSN 2549-7774 (online), ISSN 2548-6683 (print), is an interdisciplinary publication of original research and writing on education. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is published by Fakultas Ilmu Pendidikan ...