Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis efisiensi pemasaran kayu jabon Hutan Rakyat di Desa Wambulu dengan cara menghitung marjin pemasaran, margin keuntungan dan farmer share (bagian harga yang diterima petani) pada setiap saluran pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat 4 (empat) pola pemasaran kayu jabon di Desa Wambulu yaitu: Jalur pemasaran I (Petani-pedagang perantara-pedagang penampung- konsumen akhir), saluran II (Petani produsen-pedagang penampung- konsumen akhir), saluran III (Petani produsen-pedagang perantara-konsumen akhir), dan saluran IV (Petani produsen-konsumen akhir). Berdasarkan hasil analisis marjin pemasaran (produk yang dihasilkan adalah papan dan balok) yang paling efisien adalah saluran pemasaran IV, karena besarnya marjin pemasaran terendah, tingkat farmer share tertinggi dan marjin keuntungan terendah. Keywords : Hutan Rakyat, Kayu Jabon, Efisiensi Pemasaran
Copyrights © 2015