Ecogreen
Vol 1, No 1 (2015)

EFISIENSI PEMASARAN KAYU JABON (Anthocephalus cadamba) (STUDI KASUS HASIL HUTAN RAKYAT DESA WAMBULU KECAMATAN KAPONTORI)

satya Agustina Laksananny (Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan UHO)
Arniawati Arniawati (Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan UHO)
Ristamala Sari (Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan UHO)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis efisiensi pemasaran kayu jabon Hutan Rakyat di Desa Wambulu dengan cara menghitung marjin pemasaran, margin keuntungan dan farmer share (bagian harga yang diterima petani) pada setiap saluran  pemasaran.  Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat 4 (empat) pola pemasaran kayu jabon di Desa Wambulu yaitu: Jalur pemasaran I (Petani-pedagang perantara-pedagang penampung- konsumen akhir), saluran II (Petani produsen-pedagang penampung- konsumen akhir), saluran III (Petani produsen-pedagang perantara-konsumen akhir), dan saluran IV (Petani produsen-konsumen akhir). Berdasarkan hasil analisis marjin pemasaran (produk yang dihasilkan adalah papan dan balok) yang paling efisien adalah saluran pemasaran IV, karena besarnya marjin pemasaran terendah, tingkat farmer share tertinggi dan marjin keuntungan terendah. Keywords : Hutan Rakyat, Kayu Jabon, Efisiensi Pemasaran

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

green

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Environmental Science

Description

Jurnal Ecogreen diterbitkan oleh Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan Universitas Halu Oleo dengan frekuensi terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Isi jurnal terbuka untuk berbagai tulisan dari hasil penelitian dan catatan penelitian dari berbagai aspek yang terkait ...