Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menggali informasi yang berkaitan dengan permasalahan-permasalahan mendasar berkaitan dengan (a) perencanaan  pembelajaran akuntansi; (b) pelaksanaan  pembelajaran akuntansi; dan (c) evaluasi  pembelajaran akuntansi. Penelitian dilaksanakan di Sulawesi Tenggara, menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnopedagogi, dimana dalam praktek pendidikan memandang bahwa pengetahuan atau kearifan lokal sebagai sumber inovasi dan keterampilan yang dapat diberdayakan untuk kesejahteraan masyarakat, dan tidak hanya mempelajari tentang masyarakat, akan tetapi juga belajar dari masyarakat itu sendiri. Subjek dalam penelitian ini dipilih dari para guru akuntansi dan para siswa serta dokumen perangkat pembelajaran. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) permasalahan mendasar yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran akuntansi terdiri atas (a) permasalahan tentang penyusunan perangkat pembelajaran, meliputi: KTSP, program tahunan dan semesteran, penyusunan silabus, penyusunan RPP, penyiapan buku nilai, penyiapan buku daftar hadir tatap muka siswa, penyiapan hasil analisis ulangan harian, dan penyiapan catatan tugas perbaikan serta pengayaan; (b) permasalahan dalam pengembangan materi pembelajaran, (c) mengembangkan model dan metode pembelajaran, (d) mengembangkan media dan alat bantu pembelajaran, (e) penentuan alat evaluasi pembelajaran; (2) permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran meliputi (a) kegiatan pendahuluan, dimana para guru akuntansi dapat menyampaikan apresepsi, motivasi dan penyampaian tujuan pembelajaran yang jelas sesuai kompetensi yang diharapkan, (b) kegiatan inti, dimana guru melaksanakan pembelajaran selalu berpedoman pada RPP, menerapkan materi sesuai tujuan, menggunakan model dan metode pembelajaran yang sudah didesain, menggunakan alat peraga/media yang telah didesain, menciptakan partisipasi aktif dari siswa dan guru selaku fasilitator dan motivator; (3) permasalahan yang berkaitan dengan evaluasi dan tindak lanjut yaitu guru selalu mengevaluasi dari segi proses maupun hasil setelah berakhirnya pembelajaran dan guru selalu memberikan tugas-tugas latihan secara kelompok dan individu, baik di sekolah maupun di rumah serta di masyarakat. Kata kunci : permasalahan pembelajaran akuntansi di SMK
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015