Gema Pendidikan
Vol 24, No 1 (2017): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 24 NO 1 TAHUN 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA PENGALAMAN SISWA KELAS I SD NEGERI 18 KATOBU SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sarfiana - - (Dinas Pendidikan Kabupaten Muna)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas I SD Negeri 18 Katobu pada tema pengalaman melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus tindakan. Prosedur penelitian ini yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi dan evaluasi dan (4) refleksi. Keberhasilan penelitian ini ditinjau dari dua segi yaitu dari segi proses dan dari segi hasil. Dari segi proses pelaksanaan pembelajaran sebesar 80% telah sesuai dengan skenario pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperati tipe Make a Match dan dari segi hasil 80% siswa tuntas secara klasikal. Berdasarkan hasil observasi diketahui persentase keberhasila pelaksanaan pembelajaran sebear 85% dan ketuntasan klasikal hasil belajar sisw adalah 80,41%. Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaraan Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatakan hasil belajar siswa tentang tema pengalaman.Kata Kunci: Hasil belajar, Kooperatif tipe Make A Match

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...