Gema Pendidikan
Vol 24, No 1 (2017): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 24 NO 1 TAHUN 2017

PENGARUH LATIHAN STRENGTH ENDURANCE TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN FOREHAND DALAM PERMAINAN TENIS LAPANGAN

La Sawali - (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan strength endurance terhadap kemampuan pukulan forehand dalam permainan tenis lapangan. Sampel penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP UHO, yang berjumlah 16 orang. Setelah dilakukan tes awal sampel dibagi dalam dua kelompok yakni 8 orang sebagai kelompok eskperimen dan 8 orang sebagai kelompok kontrol. Pembagian kelompok dilakukan dengan teknik ordinal pairing. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji statistika yang disajikan secara kumulatif sebagai berikut: analisis deskriptif, untuk menghitung rata-rata yang dicapai dari masing-masing variabel yang diamati, standar deviasi, untuk mengetahui ukuran penyimpangan skor dari angka rata-rata kelompok, uji homogenitas data pre-test, post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, pengujian hipotesis dengan uji anava. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa pada kelompok eksperimen yang diberi latihan pukulan forehand drive pada test awal rata-rata kemampuan memukul dengan cara forehand drive adalah 7.25 dan sesudah diberi latihan selama 6 minggu rata-rata kemampuan memukul bola dengan cara forehand drive adalah 11.37. Sedangkan pada kelompok kontrol pada test awal rata-rata kemampuan memukul bola dengan cara forehand drive adalah 6.88 dan pada test akhir adalah 7 atau terdapat selisih 0,12.Kata kunci: Strength endurance, Kemampuan pukulan forehand

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...