Abstrak: telah dilakukan penelitian tentang Studi kelayakan percepatan peningkatan angka partisipasi siswa kejuruan di sulawesi tenggara. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan program percepatan peningkatan akses dan pemerataan layanan pendidikan tingkat menengah kejuruan berdasarkan karakteristik wilayah Propinsi Sulawesi Tenggara guna mendukung target pemerintah dalam rangka percepatan peningkatan angka partisipasi siswa kejuruan sebesar 70% siswa SMK dan 30% siswa SMA hingga tahun 2015. Prosedur penelitian dilaksanakan secara deskriptif kualitatif, yaitu proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesis, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari, serta membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami. Hasil kajian penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya yang efektif untuk mempercepat akses dan peningkatan angka partisipasi siswa kejuruan adalah dengan membuka jurusan-jurusan kejuruan pada SMA melalui model Comprehenship School System; (2) yang menjadi factor pendukung atas kelayakan pembukaan SMA kejuruan, yaitu (a) adanya dukungan dari pihak pemerintah dan masyarakat, (b) kondisi sekolah pendukung dengan adanya ketersediaan siswa, minat siswa yang semakin tinggi, ketersediaan pendidik, kesiapan sarana-prasarana pendukung; (3) yang menjadi factor penghambat adalah: (a) kurikulum yang kurang sistematis dan sistemik, pada tataran kebijakan konseppengembangan kurikulum dapat disusun dengan baik namun dalam implementasinnya banyak kendala yang dihadapi sekolah dan para guru, (b) dukungan dan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan kejuruan masih kurang optimal, (c) masih belum profesionalnya sumber daya manusia penyelenggara pendidikan kejuruan, (d) sarana-prasarana dan fasilitas pembelajaran kurang memadai
Copyrights © 2013