Abstrak:  telah dilakukan penelitian tentang Studi kelayakan percepatan peningkatan angka partisipasi siswa kejuruan  di sulawesi tenggara. Tujuan penelitian  ini  adalah  merumuskan program percepatan peningkatan akses dan pemerataan layanan pendidikan tingkat menengah kejuruan berdasarkan karakteristik wilayah Propinsi Sulawesi Tenggara guna mendukung target pemerintah dalam rangka percepatan peningkatan angka partisipasi  siswa kejuruan  sebesar 70% siswa SMK dan 30% siswa SMA hingga tahun 2015. Prosedur  penelitian dilaksanakan  secara  deskriptif  kualitatif, yaitu proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesis, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari,  serta  membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami. Hasil  kajian  penelitian  menunjukkan bahwa  (1) upaya yang efektif untuk mempercepat akses dan peningkatan angka partisipasi siswa kejuruan adalah dengan  membuka jurusan-jurusan kejuruan pada SMA  melalui  model  Comprehenship  School  System; (2) yang menjadi factor pendukung atas kelayakan pembukaan SMA  kejuruan, yaitu (a) adanya dukungan dari pihak  pemerintah  dan masyarakat, (b) kondisi sekolah pendukung dengan adanya ketersediaan siswa, minat siswa yang semakin tinggi, ketersediaan pendidik, kesiapan sarana-prasarana pendukung; (3) yang menjadi factor penghambat adalah: (a) kurikulum yang  kurang sistematis dan sistemik, pada tataran kebijakan konseppengembangan kurikulum dapat disusun dengan baik  namun dalam implementasinnya banyak kendala yang dihadapi sekolah dan para  guru, (b) dukungan  dan  peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan  kejuruan  masih kurang optimal, (c) masih belum profesionalnya sumber daya manusia penyelenggara pendidikan  kejuruan, (d)  sarana-prasarana dan fasilitas pembelajaran kurang memadai
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013