EduChemia: Jurnal Kimia dan Pendidikan
Vol 3, No 1 (2018)

Profil Kemampuan Berinkuiri Siswa SMA pada Topik Pengaruh Konsentrasi terhadap Laju Reaksi

Sri martini (Poiteknik Piksi Ganesha, Jl. Gatot Subroto No 301 Bandung 40274)
Asep Kadarohman (Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudi No. 229 Bandung 40154)
Wahyu Sopandi (Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudi No. 229 Bandung 40154)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berinkuiri siswa SMA pada topik Pengaruh Konsentrasi terhadap Laju Reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan subyek penelitian sebanyak lima kelas dari lima sekolah SMA yang berada di kota Bandung dan kabupaten Bandung Barat dengan jumlah 203 orang. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berinkuiri dan sebagai instrumen penunjang digunakan lembar wawancara serta studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan berinkuiri pada topik Pengaruh Konsentrasi terhadap Laju Reaksi bervariasi pada setiap aspeknya. Hal ini terbukti dari persentase keseluruhan setiap aspeknya dari yang paling tinggi sampai yang terendah adalah aspek menyimpulkan sebesar 87,19%, aspek interpretasi data sebesar 76,85%, aspek merumuskan hipotesis sebesar 49,26%, aspek merancang percobaan sebesar 37,44% dan aspek mengumpulkan data sebesar 25,62%. Sementara persentase siswa yang menjawab semua soal tes dengan benar adalah sebesar 1,48%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

EduChemia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Focus and Scope Educhemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) is Periodicals published the results of research related to the development of science and technology in the field of Chemistry and Chemistry education as a form of intellectual property Chemistry: Organic chemistry, Inorganic chemistry, ...