Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2: Juli 2011

Meningkatkan Penguasaan Konsep Operasi Bilangan Berpangkat Melalui Pendekatan Inductive-Development

Hasnawati & (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Abdul Manaf (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2017

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan penguasaan konsep operasi bilangan berpangkat melalui pendekatan Inductive-Development. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan  kelas dalam dua siklus. Pelaksanaan pembelajaran mengikuti prosedur pendekatan Inductive-Development yaitu : (1) persiapan dan penentuan tujuan, (2) penyajian, (3)  perbandingan dan abstraksi, (4) generalisasi, dan (5) penggunaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek penguasaan konsep matematika dan kemandirian siswa dalam belajar mengalami peningkatan. Berdasarkan indikator kinerja, disimpulkan bahwa penguasaan konsep operasi bilangan berpangkat dapat ditingkatkan melalui pendekatan Inductive-Development. Kata Kunci :  operasi bilangan berpangkat, pendekatan Inductive-Development.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...