Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1: Januari 2012

Pengaruh Faktor Interaksi Dalam Pembelajaran Kooperatif dan Penguasaan Bahasa Inggeris terhadap Hasil Belajar Matematika

Rosdiana , (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Awaluddin & (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
I Gede Sukarya (Alumni pendidikan matematika FKIP Universitas Haluoleo)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2017

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 3x2 faktorial bertujuan mempelajari perbedaan pengaruh faktor interaksi model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS), Student Team Achivement Divisions (STAD), Pembelajaran Konvensional, dan Penguasaan Bahasa Inggeris sebagai level yaitu siswa dengan nilai atau skor  bahasa Inggeris ≥ 65 (B=1) dan siswa dengan skor <65 (B=2) terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis berdasarkan Statistik Uji-F melalui analisis varian dua jalur dalam menguji hipotesis faktor interaksi secara simultan antara variabel bebas (A, B, dan A*B) mempunyai perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika.Kata kunci: Pembelajaran Think-Pair-Share), Student Team Achivement Divisions,  Penguasaan Bahasa                   Inggeris

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...