Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 8, No 1 (2017): APRIL 2017

Analisis Buku Ajar Termodinamika dengan Konsep Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) untuk Penguatan Kompetensi Belajar Mahasiswa

Choirul Huda (Universitas PGRI Semarang)
Dwi Sulisworo (Universitas Ahmad Dahlan)
Moh Toifur (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2017

Abstract

Telah dilakukan studi analisis content buku ajar termodinamika dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan penggunaan modul berbasis Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) pada mata kuliah termodinamika. TPACK merupakan pengetahuan yang menggabungkan hubungan antara teknologi, pedagogik, dan konten secara sinergis. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini untuk menganalisis isi dari buku-buku referensi yang digunakan dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil analisis kandungan TPACK pada buku ajar I, buku ajar II, buku ajar III masing-masing didapatkan prosentase sebesar 15,38%, 20%, dan 28,57%. Hasil angket responden 23 mahasiswa pendidikan fisika menyatakan bahwa 87% mahasiswa menyatakan perlunya dikembangkan modul termodinamika berbasis TPACK yang mendukung pemahaman konsep.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...