Kiat Bisnis
Vol 6, No 5 (2017): Kiat Bisnis Juni

PENGARUH PELAYANAN DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TOSERBA LUWES KLATEN

Baskoro, Bagus Edi (Unknown)
Nursito, Sarwono (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) menguji pengaruh antara pelayanan terhadap loyalitas konsumen Toserba Luwes Klaten, 2) menguji pengaruh antara keragaman produk terhadap loyalitas konsumen Toserba Luwes Klaten, 3) menguji pengaruh antara pelayanan dan keragaman produk terhadap loyalitas konsumen Toserba Luwes Klaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode untuk mengumpulkan data dengan wawancara, observasi dan kuesioner. Variabel dalam penelitian ini adalah pelayanan (X1) dan keragaman produk (X2) serta loyalitas konsumen (Y). Teknik analisis data dengan analisis korelasi Product Moment. Dari hasil analisis pembuktian hipotesis dengan uji t diperoleh hasil perhitungan uji t untuk X1, t hitung = 3,33 yang lebih besar dari t tabel 2,021 untuk N = 50 maka kesimpulanya hipotesis diterima atau terbukti kebenarannya untuk variabel pelayanan (X1). Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pelayanan dengan loyalitas konsumen. Sedangkan Nilai t hitung untuk X2 = 6,25 yang lebih besar dari t tabel 2,021 untuk N = 50 maka kesimpulanya hipotesis diterima dan terbukti kebenarannya untuk variabel keragaman produk (X2), sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keragaman produk dengan loyalitas konsumen. Keywords : pelayanan, keragaman produk, loyalitas konsumen

Copyrights © 2017