PAUDIA: JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 4, No 1 (2015): volume.4 No. 1 Juli (2015)

UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE MENGGUNAKAN MEDIA LIMBAH KERTAS PADA KELOMPOK A DI RA TAQWAL ILAH SEMARANG

Rizki Oktavianita Lestari (Unknown)
Muniroh Munawar (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2015

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak yang masih kurang, terlihat dari cara anak menggambar dan mewarnai, masih banyaknya anak yang kesulitan dalam membuat bentuk tulisan seperti membuat garis tegak lurus, garis miring, garis lengkung, selain itu terlihat ketika anak sedang makan ada beberapa anak yang kesulitan menyendok makanan, serta masih ada beberapa anak yang kesulitan melepas dan memakai sepatu/kaos kaki sendiri. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motorik halus anak kelompok A RA Taqwal Ilah Semarang melalui kegiatan meronce menggunakan media limbah kertas.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelompokA di RA Taqwal Ilah Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu 15 anak. Data dalam Penelitian Tindakan Kelas ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian setelah melakukan kegiatan meronce menggunakan limbah kertas, menunjukkan adanya peningkatan terhadap motorik halus pada anak kelompok A RA Taqwal Ilah Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dengan tindakan yang terdiri dariĀ  2 siklus dan diperoleh hasil yaitu 46,66% pada siklus I dan meningkat menjadi 86,66% pada siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan meronce menggunakan media limbah kertas.Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah supaya kegiatan meronce menggunakan media limbah kertas dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

paudia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

PAUDIA is scientific journal about early childhood education; it hereby states that the publication of the articles is true research outcomes and it is scientifically. PAUDIA is a scientific journal about early childhood education. It belongs to PG PAUD Program of Science Education Faculty in ...