PAUDIA: JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 5, No 2 (2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL JAMURAN PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN DI PAUD TAMAN BELIA CANDI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Desti Hartiwi (Unknown)
Dian Ayu Zahraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2016

Abstract

Anak kelompok Bermain PAUD Taman Belia Candi Semarang, sebagian besar dalam kemampuan berbicaranya kurang maksimal. Hal itu bisa terlihat dengan ucapan yang belum tepat dan tidak jelas sehingga dalam berkomunikasi sulit dipahami oleh orang lain atau temannya, anak pasif ketika ditanya oleh guru maupun orang lain, sehingga kesulitan mengikuti instruksi sederhana, kurang percaya diri dalam mengungkapkan ide dan merespon cerita yang didengar, untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada Anak Kelompok Bermain PAUD Taman Belia Candi, alternatif yang digunakan adalah menggunakan permainan tradisional Jamuran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatan kemampuan berbicara melalui permainan tradisional jamuran pada Kelompok Bermain di PAUD Taman Belia Candi tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang terlihat dari lembar observasi serta grafik yang terdapat dalam bab IV. Dari hasil penelitian siklus I dan hasil penelitian siklus II menunjukkan peningkatan pada persentase serta ketuntasan. Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah bahwa penerapan permainan tradisional Jamuran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok Bermain PAUD Taman Belia Candi Semarang.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

paudia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

PAUDIA is scientific journal about early childhood education; it hereby states that the publication of the articles is true research outcomes and it is scientifically. PAUDIA is a scientific journal about early childhood education. It belongs to PG PAUD Program of Science Education Faculty in ...