Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN PERCOBAAN SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Iga Fathia Azzahrah (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
Agus Wahyuni (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
. Susanna (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2017

Abstract

AbstrakPenelitian yang berjudul “Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan percobaan sederhana terhadap hasil belajar fisika pada materi gerak melingkar di SMA Negeri 1 Bandar Dua” ini mengangkat masalah; Apakah  Ada Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing dengan Percobaan Sederhana terhadap hasil belajar fisika pada materi gerak melingkar di SMA Negeri 1 Bandar Dua. Penelitian ini bertujuan; untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan percobaan sederhana terhadap hasil belajar hasil belajar fisika pada materi gerak melingkar di SMA Negeri 1 Bandar Dua. Pengumpulan data yang dilakukan melalui pretes dan posttes. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Bandar Dua, sedangkan untuk menentukan sampel digunakan  teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas X-1yang berjumlah 25 siswa dan kelas X-2 berjumlah 22 siswa. Pengolahan data digunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji-t. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa thitung ttabel (3,041,67), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan percobaan sederhana terhadap hasil belajar hasil belajar fisika pada materi gerak melingkar di SMA Negeri 1 Bandar Dua.Kata kunci : Hasil belajar, model pembelajaran, Snowball Throwing. AbstractThe problem of this research is about the low ability of student to remember conceptd and material of physics. The purpose of this education research is to find the impact of the use quantum teaching type VAK for retention to remember the concept of physics for student at grade VIII of SMPN 6 Banda Aceh. The kind of this research is experimental with control group time series design. The population in this education research is all of students grade VIII of SMPN 6 Banda Aceh, and the sample is class VIII-1 as experimental class and class VIII-6 as control class. Technical to collect data use chief and test. The average score of posttest and retest experiment class higher than control class, that is 90,7184,0 and 81,071,60. Supported by the result of tcountttable that is 2,5951,68 and 3,671,68. Based on data and value of this research, so concluded that quantum teaching type VAK give impact on retention to remember the concept of physics for student at grade VIII of SMPN 6 Banda Aceh.Keywords: quantum teaching, VAK, retention, concept.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...