Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN LABORATORIUM NYATA DAN LABORATORIUM VIRTUAL

Abdul Quddus (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
Tarmizi Hamid (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
Elisa Kasli (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2017

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa kelas X MAN Darussalam yang diajarkan dengan menggunakan laboratorium nyata dan laboratorium virtual pada materi Hukum Newton. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih siswa kelas X-IPA1 yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen 1, dan siswa kelas X-IPA2 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen 2.  Data diperoleh dari tes hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan laboratorium nyata dan laboratorium virtual dan teknik analisis data digunakan rumus uji-t. Diperoleh hasil analisis data berdasarkan kriteria pengujian dua pihak terima H0 jika  –t(1 – 1/2 α) t t(1– 1/2α), pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan 43 diperoleh thitung sebesar 1,76 dan ttabel sebesar 2,021. Karena nilai - thitung - ttabeldan thitung ttabel atau -1,76 -2,021 dan 1,76 2,021  maka dinyatakan Ho diterima. Berdasarkan analisis data maka dinyatakan hipotesis penelitian ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika dengan menggunakan laboratorium nyata dan laboratorium virtual siswa kelas X MAN Darussalam pada materi hukum newton.Kata Kunci : Laboratorium Nyata, Laboratorium Virtual, Hasil Belajar.AbstractThis research aims to know compare the results of the student in X MAN Darussalam which taught by real lab and virtual lab at Newton's Law matter. The sampling in this research were taken by using purposive sampling technique that was selected the student on X-IPA totally 20 students as the class experimental 1 and the student on X-IPA2 totally 25 students as the class experimental 2. The data obtained from tests of student learning outcomes are taught by real laboratory and virtual laboratories and data analysis techniques used by formula “uji-t”. Obtained results of data analysis based on the criterion of testing the two parties received H0 if –t(1 - 1/2 α) t t(1-1/2α) at the level significant α = 0.05 with 43 degrees of freedom thitung=1.76 and ttabel  2,021 , Because the score – t - ttabel and t ttabel or -1.76 -2.021 and 1.76 2.021 then declared Ho received. Based on the data analysis revealed the research hypothesis is rejected. It can be concluded that there isn’t differences in physics learning outcomes are taught by real laboratory and virtual laboratories in X MAN Darussalam on Newton's laws of matter.Keywords: Laboratory Real, Virtual Laboratory, Learning Outcomes.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...