Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Vol 10, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

PENGELOLAAN PELATIHAN HYPNOTHERAPY FUNDAMENTAL DALAM MENGUASAI KEMAMPUAN HYPNOSIS DI VIGOROUS LEARNING CENTER (VLC) KABUPATEN BANDUNG BARAT

Bemby Gema Maulana (upi)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2017

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk: mendeskripsikan perencanaan pelatihan hypnotherapy fundamental, mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan hypnotherapy fundamental, mendeskripsikan evaluasi pelatihan hypnotherapy fundamental, untuk mendeskripsikan hasil pelatihan yang diperoleh peserta setelah mengikuti pelatihan hypnotherapy fundamental di Vigorous Learning Center (VLC) Kabupaten Bandung Barat. Dalam membahas permasalahan yang telah dipaparkan, penulis merujuk pada kajian pustaka yang relevan, yaitu mengenai konsep pengelolaan, konsep pendidikan luar sekolah, konsep pelatihan, konsep pengelolaan pelatihan dan konsep hypnosis. Penelitian ini dilakukan di Vigorous Learning Center (VLC) Kabupaten Bandung Barat dan dilaksanakan dari bulan Mei sampai dengan September 2014. Hasil penelitian diperoleh data mengenai (1) peserta pelatihan dapat menggunakan hypnosis dalam mengatasi problem pikiran seperti stress, kecemasan berlebih, meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga dapat memahami fenomena hypnosis dari segi ilmu pengetahuan (science), (2) instruktur/trainer memaparkan sejarah hypnosis, proses pikiran menerima suatu informasi, hingga praktek hypnosis dengan benar dan aman, (3) evaluasi yang dilaksanakan yaitu berupa ujian praktek, dan (4) hasil yang diperoleh peserta setelah mengikuti pelatihan hypnotherapy fundamental menunjukkan bahwa peserta pelatihan tersebut ingin melanjutkan pada pelatihan berikutnya yaitu advance hypnotherapy.

Copyrights © 2014