Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 2, No 2 (2017): April 2017

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Farah Dhiba (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
Agus Wahyuni (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
Ahmad Hamid (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan media animasi dan media gambar pada materi momentum dan impuls di sman 8 banda aceh, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis yang terdiri dari tes awal (pretes) dan tes akhir (posttest). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI mulai dari siswa kelas XI MIPA 1 hingga siswa kelas XI MIPA 5 di SMAN 8 Banda Aceh pada tahun ajaran 2016/2017 terdiri dari 5 kelas. Dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebesar 56 siswa yang terdiri dari kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 4. Penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling melalui observasi dengan guru fisika di SMAN 8 Banda Aceh. Pengolahan data pada tes awal (pretes) maupun pada tes akhir (posttest) menggunakan uji statistik yaitu uji t. Kelas XI MIPA 1 ditetapkan sebagai kelas eksperimen 1 yang diberikan pembelajaran menggunakan media animasi dan kelas XI MIPA 4 ditetapkan sebagai kelas eksperimen II yang diberikan pembelajaran menggunakan media gambar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan hasil belajar yang diajarkan menggunakan media animasi lebih baik dibandingkan dengan kemampuan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media gambar pada materi Momentum dan Impuls siswa kelas XI SMAN 8 Banda Aceh. Kata kunci : hasil belajar, media animasi, media gambar  AbstractThis study aims to determine the ratio of student learning outcomes using animation media and media images on material momentum and impulse in SMAN 8 Banda Aceh, type of research is experimental research with quantitative methods. The data collection was done by using a written test consisting of the initial test (pretest) and final test (posttest). The study population was a class XI student from class XI student of Mathematics 1 to class XI student of SMAN 8 Mathematics 5 in Banda Aceh in the academic year 2016/2017 consists of five classes. Of the total population sample was determined by 56 students consisting of class XI and XI MIPA MIPA 1 4. Determination of the samples was done by purposive sampling by observation with a physics teacher at SMAN 8 Banda Aceh. Processing data on initial tests (pretest) and at the final test (posttest) using statistical tests that the t test. Class XI Mathematics 1 is set as the experimental class 1 given learning using media animation and grade 4 Mathematics XI designated as an experimental class II given instructional use of media images. The result showed that the ability of learning outcomes are taught to use the media better animation than the ability of student learning outcomes are taught using media images on Momentum and Impulse material class XI student of SMAN 8 Banda Aceh. Keywords: learning outcomes, animation media, media images

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...