Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi koperasi simpan pinjam dalam merubah perilaku ekonomi anggota. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh data mengenai pendidikan dalam pengembangan ketermpilan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, triangulasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang, dimana informan penelitiannya adalah 2 pengelola program ekonomi koperasi simpan pinjam, dan 3 anggota program ekonomi koperasi simpan pinjam Berdasarkan pengolahan data dan pembahasan, diperoleh hasil: (1) program koperasi simpan pinjam di posdaya flamboyan telah melakukan fungsinya yaitu pengembangan potensi anggota yang meliputi melaksanakan identifikasi potensi, pembinaan dan pemberian motivasi, serta peningkatan kualitas ekonomi anggota yang meliputi pendampingan, dan pengawasan. (2) Strategi atau cara yang dilakukan pengelola dalam menggerakan masyarakat menggunakan strategi dengan cara melihat peningkatan manfaat keanggotaan, seperti harga pelayanan kepada anggota dan penambahan alokasi dana. (3) Motivasi anggota yang dirasakan oleh anggota yaitu jenis motivasi intrinsik dan ekstrinsik.. (4) Hasil akhir dari program ekonomi koperasi yaitu perubahan perilaku yang diukur berdasarkan pencapaian tujuan koperasi dan perubahan perilaku yang terasa oleh anggota serta tujuan yang telah dicapai yaitu menjadikan anggota sebagai pribadi yang gemar menabung sehingga kedepannya dapat memiliki modal usaha sendiri.
Copyrights © 2015