Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 1, No 4 (2016): OKTOBBER 2016

PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH

Intan Putri (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
. Susanna (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
Ahmad Farhan (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2016

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Cooperative Learning Berbasis Performance Assessment terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 10 Banda Aceh. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah bahwa adanya pengaruh Model Cooperative Learning Berbasis Performance Assessment Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 10 Banda Aceh. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik test dan pengolahan menggunakan analisis statistik    uji-t. Hasil pengolahan data didapat thitung = 2,977 dan ttabel = 1,687 dengan taraf signifikan α = 0,05, dan derajat kebebasan 37 diperoleh dari t(0,95)(37) = 1,687 sehingga thitung  ttabel ini berarti t berada pada daerah penolakan H0 dan Ha diterima pada taraf nyata 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Cooperative Learning Berbasis Performance Assessment berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Banda Aceh pada materi cahaya dan Alat-alat Optik Kata kunci : Cooperative Learning, Performance Assessment, hasil belajar AbstractThis study aims to determine the effect of Cooperative Learning Model-Based Performance Assessment of Student Learning Outcomes Grade VIII in SMP Negeri 10 Banda Aceh. The hypothesis in this study is that the influence of Cooperative Learning Model-Based Performance Assessment of Student Learning Outcomes Grade VIII in SMP Negeri 10 Banda Aceh. This research includes experimental research with a quantitative approach. The data collection was done by using test and processing using statistical analysis t - test. The result of data processing obtained t = 2,977 and table = 1.687 with significance level α = 0.05, and 37 degrees of freedom is obtained from t (0.95) (37) = 1.687 so thitung ttable this means t is in the region and the rejection of H0 ha received on the real level of 0.05. It can be concluded that the Cooperative Learning Model-Based Performance Assessment affects the outcome of class VIII student at SMPN 10 Banda Aceh on light materials and equipment - Optical instruments Keywords: Cooperative Learning, Performance Assessment, learning outcomes.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...