AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran snowball throwing lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan cara konvensional pada materi fisika di kelas X1 SMAN 1 Montasik Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif serta didukung oleh data kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMAN 1 Montasik. Sampel penelitian ini diperoleh dari kelas X1 dengan jumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan secara objektif terhadap aspek yang akan diamati berupa data. Alat pengumpulan data berupa soal. Indikator kinerja diharapkan yaitu siswa dapat berpikir kritis dengan dijalankannya pembelajaran dengan model snowball throwing. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen = 70,91 dan nilai post-test kelas kontrol = 60,56. Dengan demikian terlihat bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran snowbal throwing lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran konvensional Kata kunci : Eksperimen, berpikir kritis, dan snowball throwing AbstractThe purpose of this study was to determine whether critical thinking ability of students taught by throwing a snowball learning model is better than the critical thinking skills of students who are taught in a conventional manner on materials physics in class X1 SMAN 1 Montasik Aceh Besar. This study used an experimental method with quantitative approach and supported by qualitative data. The subjects were students of class X1 SMAN 1 Montasik. The research sample was obtained from the class X1 with the number of 23 students. Data collection techniques in the form of tests carried out objectively against aspects that will be observed in the form of data. Data collection tools in the form of matter. The performance indicators is expected that students can think critically with the implementation of learning with models snowball throwing. The results showed that the value of the average post-test experimental class = 70.91 and the value of post-test control group = 60.56. Thus it appears that the critical thinking skills of students with learning model application snowbal throwing better than the students' critical thinking skills through conventional learning. Keywords: Experiment, critical thinking, and snowbal throwing.
Copyrights © 2016