AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran metode praktikum berbasis keterampilan proses lebih baik dibandingkan dengan metode praktikum biasa terhadap hasil belajar siswa SMPN 2 Montasik.. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX1 dan IX2 SMP 2 Montasik. Sampel penelitian ini diperoleh dari kelas IX1 dan IX2 dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan secara objektif terhadap aspek yang akan diamati berupa data. Alat pengumpulan data berupa soal. Indikator kinerja diharapkan yaitu siswa dapat meningkat prestasi belajar dengan menggunakan metode praktikum berbasis keterampilan proses. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen = 75,05 dan nilai siswa kelas kontrol = 66. Dengan demikian terlihat bahwa metode praktikum berbasis keterampilan proses lebih baik dari pada metode praktikum biasa.Kata Kunci : Prestasi belajar, metode, keterampilan proses, praktikum AbstrackThe purpose of this study was to determine the learning process skills-based lab method is better than the usual practical method for learning outcomes of students of SMPN 2 Montasik .. This study used an experimental method with quantitative approach. The subjects were students of class IX1 and IX2 SMP 2 Montasik. The research sample was obtained from the class IX1 and IX2 with the number of 36 students. Data collection techniques in the form of tests carried out objectively against aspects that will be observed in the form of data. Data collection tools in the form of matter. The performance indicators is expected that students can increase learning achievement using the skills-based lab. The results showed that the average value grade students experiment = 75.05 and the value control class = 66. Thus seen that the method practical skills-based process is better than the usual practical method.Keywords: academic achievement, method, practical
Copyrights © 2017