Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Cut Eka Parasamya (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
Agus Wahyuni (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
Ahmad Hamid (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2017

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa terhadap penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA SMA Negeri 1 Darussalam tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 16 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi, tes dan angket yang ketiganya dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase ketuntasan individual secara keseluruhan meningkat dari siklus I sampai siklus III yaitu 69%, 81%, dan 94%, dan persentase ketuntasan klasikal secara keseluruhan juga meningkat yaitu 50%, 60%, dan 80%. (2) adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. (3) terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari ketegori cukup baik menjadi baik. (4) respon siswa cenderung positif dimana 100% siswa menyatakan senang terhadap pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Konstruktivisme ini. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Darussalam pada materi Usaha dan Energi. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar AbstractThe research aims to determine the increase in student learning, teacher and student activities, teachers' ability to manage learning, and students’ response to the aplication of model Problem Based Learning (PBL) in the learning process. Type of this research was the Classroom Action Research (CAR). Subjects in this study were students of class XI IPA at SMAN 1 Darussalam academic year 2016/2017 the number of students 16 people. Data collection instruments used in research that observation sheets, tests and questionnaires were the three analyzed by descriptive statistics. The results showed that (1) the percentage of completeness individual as a whole increased from frist cycle to the third cycle is 69%, 81%, and 94%, and the percentage of classical completeness as a whole also increased, namely 50%, 60%, and 80%. (2) the activities held by teacher and students have been increased during the learning process. (3) an increase in teachers' skills in managing the learning of categories good enough to be good.(4) The students' responses tend to be positive where 100% of the students said he was happy to use this model of Problem Based Learning (PBL) in the learning process. The concluded of this research that the application of Problem Based Learning (PBL) learning models can improve students learning results in the material of Work and Energy. Keywords: Problem Based Learning (PBL), Learning Results

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...