Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi
Vol 2, No 4 (2017): Nopember 2017

PENERAPAN EKSPLORATORY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MAN 1 ACEH SELATAN

nurul fitriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2017

Abstract

ABSTRAKSalah satu solusinya adalah menggunakan model pembelajaran bertipe Eksploratory Discovery. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains di kelas X MAN 1 Aceh Selatan.. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, berjenis true experimental design dengan metode Control group pre-test-post-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata N-Gain hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol adalah sebesar 65,16 dan 30,45. Penerapan model eksploratory discovery juga telah mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa di kelas eksperimen. Rata-rata besarnya peningkatan yang  terjadi adalah sebesar 11,44%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran eksploratory discovery dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa.Kata Kunci: Eksploratory Discovery, Hasil belajar, dan Keterampilan Proses Sains.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendidikan-biologi

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi (JIMPBIO) terbit emapat kali setahun pada bulan Pebruari, Mei, Agustus dan Nopember, berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang pendidikan biologi dan ilmu ...