Peningkatanpemahaman isi pelajaran menuntut pesertadidik banyak berlatih mengenai pemahaman materi, Keberhasilan dalam pembelajaran biasanya diukur dari pesertadidik dalam memahami materi yang dipelajari. Semakin banyak pesertadidik yang dapat mencapai tingkat pemahaman materi, maka semakin tinggi keberhasilan dari pelajaran tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa dalam memahami materi pada tema peduli terhadap makhluk hidup subtema 1 kelas IV SD Negeri 51 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam memahami materi pada tema peduli terhadap makhluk hidup subtema 1 kelas IV SD Negeri 51 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 51 Banda Aceh dengan sabjek penelitian berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk soal pilihan ganda, data yang diperoleh dari hasil tes kemudian dianalisis menggunakan table kategori kemampuan siswa, kemudian untuk menetukan presentase dengan menggunakan rumus presentase. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan peserta didik dalam memahami materi pada tema peduli terhadap makhluk hidup subtema 1(satu) berada pada kategori baik dengan persentase 56,7%. Dengan melihat nilai KKM yang telah ditetapkan di SD Negeri 51 Banda Aceh yaitu 60, maka dari 30 peserta didik yang mengikuti tes, 25 peserta didik yang mencapai KKM dengan persentase 83,3%. Secara klasikal atau keseluruhan, diperoleh nilai rata-rata kemampuan memahami materi adalah 69,2 berada pada kategori baik. Dapat disimpulkan kemampun siswa dalam memahami materi pada tema peduli terhadap makhluk hidup subtema 1 kelas IV SD Negeri 51 Banda Aceh berada pada kategori baik atau tuntas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan berdasarkan kesimpulan, proses belajar merupakan hal yang sangat penting, kenyataannya banyak pesertadidik sudah mampu belajar dengan baik, oleh karena itu strategi mengajar yang disusun oleh guru haruslah menarik agar dapat meningkatkan hasil belajar pesertadidik.
Copyrights © 2017