Game online menjadi permainan yang sangat marak dan digemari pada kalangan anak-anak bahkan dikalangan remaja pada saat ini. Aktivitasbermaingame onlineyang dilakukan secara berlebihan dapat membawa pengaruh negatif pada anak. Pengaruh negatif ini harus ditangani dengan bantuan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah memberikan kepercayaan kepada konselor sekolah atau guru BK untuk mengadakan seminar kepada orang tua siswa tentang game online dan masalah yang akan ditimbulkan, mengatur waktu belajar dan bermain anak, memberikan penyaluran yang baik dalam memilih game. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan adiksi bermain game online terhadap hasil belajar siswa kelas IV dan V SD Negeri 02 Banda Aceh.Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan V SD Negeri 02 Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitiannya berjumlah 32 siswa yaitu siswa yang teradiksi terhadap game online pada kelas IV dan V SD Negeri 02 Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017.Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Pengumpulan data dari adiksi bermain game onlinedengan angket berupa pernyataan-pernyataan negatif tentang game online, sedangkan data hasil belajar diperoleh dengan mengambil nilai rata-rata dari ujian tengah semester (UTS) siswa. Uji statistik yang digunakan yaitu menggunakan uji korelasi Product Moment.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hubungan antara adiksi bermain game online terhadap hasil belajar siswa sebesar rxy= 0,43 Pada n = 32 dengan taraf signifikan 5% diperoleh rtabel0,349 (rhitung rtabel) yang bermakna bahwa terima Ha dan tolak Ho, atau ada hubungan antara adiksi bermain game online terhadap hasil belajar siswa kelas IV dan V SD Negeri 02 BandaAceh.
Copyrights © 2016