Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
Vol 4, No 2 (2017): Desember

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Divisions dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Amalia, Siti (Unknown)
Ariyano, Ariyano (Unknown)
Suherman, Amay (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh peningkatan hasil belajar yang dihasilkan dengan menerapkan model student team achievement division. Metode ini diterapkan pada mata pelajaran mekanika teknik dan elemen mesin Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan menjadikannya treatment untuk kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional untuk kelas kontrol. Pre test dilakukan sebelum kegiatan treatment dan post test dilakukan setelahnya. Maka nilai N-Gain yang didapatkan dari perhitungan skor pre test dan post test dijadikan data untuk uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dua arah. Hasil N-Gain kelas kontrol sebesar 56,27 sedangkan untuk kelas eksperimen nilai N-Gain sebesar 68,38. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung sebesar 3,734  dan lebih besar dari ttabel dengan derajat kebebasan dk = 58 yaitu bernilai 2,00. Hal ini menunjukkan penolakan H0 dan penerimaan hipotesis alternatif yaitu terdapat pengaruh  penerapan model pembelajaran student team achievement division terhadap peningkatan hasil belajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...