Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
Vol 1, No 2 (2014): Desember

PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK

Salim, Azmi R. (Unknown)
Sumardi, Kamin (Unknown)
Rakhman, Maman (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Memelihara Peralatan Tata Udara Mobil dan Ruang Tinggal (MPMRT) dengan model pembelajaran inquiry training. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis pre-experimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design untuk memperoleh data hasil kognitif dan one shot case study untuk memperoleh data hasil belajar psikomotor dan afektif. Hasil penelitian untuk aspek kognitif menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang dikonversi menjadi N-Gain yaitu 0,78 dengan kriteria tinggi. Aspek psikomotor dianalisis dengan menggunakan IPK mendapatkan nilai 8,4 masuk dalam interpretasi terampil. Aspek afektif dianalisis dengan menggunakan IPK mendapatkan nilai 6,5 masuk dalam interpretasi netral. Kesimpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran inquiry training dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMK.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...