Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
Vol 1, No 2 (2014): Desember

PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PERBAIKAN DIFFERENTIAL

Radityan, Fatwa T. (Unknown)
Kuntadi, Iwa (Unknown)
Komaro, Mumu (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa setelah melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 6 Bandung kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan yang berjumlah 70 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal pre test yang dilaksanakan sebelum siswa melaksanakan proses pembelajaran dan post test setelah siswa melaksanakan proses pembelajaran, kedua soal tes tersebut digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia interaktif yaitu 0,67 lebih tinggi dibandingkan pembelajaran menggunakan media visual dengan peningkatan 0,41, sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi perbaikan differential.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...